DKV Budi Luhur Goes To Jogja

DKV Budi Luhur Goes To Jogja

Pada tanggal 1 dan 2 Februari 2017 Fakultas Ilmu Komunukasi Universitas Budi Luhur yang diprakarsai oleh Kepala Konsentrasi Broadcast Journalism menyelenggarakan Studi Banding ke Sekolah Tinggi Multimedia STMM “MMTC” Yogyakarta, kegiatan ini di ikuti oleh 30 Mahasiswa FIKOM yang terdiri dari perwakilan Crew Budi Luhur.TV, Radio Budi Luhur, LMK (Lab.Mediakom) dan RABL (Rumah Animasi Budi Luhur). Kegiatan studi banding ini disambut langsung oleh Kepala Jurusan Penyiaran STMM “MMTC” Bapak Dr.Sudono, M.Si, yang sekaligus menjadi Dosen pembicara pada Kuliah Gabungan dihari pertama yang bertempat di ruang Joint Lecture MMTC.

 

Dalam kuliah ini Pak Dr. Sudono, M.Si memaparkan tentang bagaimana pengelolaan sebuah stasiun Televisi dan Radio, dengan program-program News dan Entertaiment , baik secara pengonsepan awal; perencanaan, ide, konsep, format (pra-production), penulisan skrip/rundown dan eksekusi produksi (production) lengkap sampai ke jalur system penyiaranya.

 

Acara dilanjutkan dengan workshop keliling studio MMTC untuk mengetahui persiapan produksi simulasi gabungan tiga jurusan Manaprodsi, Matektosi dan Manarita. Team FIKOM Budiluhur menyusuri studio-1 yang digunakan untuk produksi program talkshow  livesystem menggunakan lima camera dengan konsep “Three in One Studio” satu studio menjadi tiga set spot syuting, setelah itu team FIKOM Budiluhur mengunjungi studio-2 Studio News Buletin yang digunakan untuk produksi program News Dayly dan News Magazine. Kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi dan pemaparan dari  Dr. Ishadi Soetopo Kartosapoetro, M.Sc (Komisaris Trans Corp) diundang khusus menghadiri praktek simulasi gabungan tersebut. Ishadi sangat mengapresiasi hasil akhir dari praktek simulasi gabungan ini, karna hasilnya sangat luarbiasa bagus, time management yang baik, ploting programming yang pas, serta program-program yang variatif dan inovatif baik program acara berita dan hiburan serta pengemasan program yang update “kekinian” tutur Pak Ishadi dalam pidato tersebut.

 

Sebagai tanda terimakasih Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur kepada Sekolah Tinggi Multimedia STMM “MMTC” diwakili Haronas Kutanto, M.I.Kom selaku Kepala Konsentrasi Broadcast Journalism menyerahkan kenang-kenangan berupa Buku karya Dosen-Dosen FIKOM Budi Luhur yang di serah terimakan kepada Dr. Sudono, M.Si selaku Kepala Jurusan Penyiaran STMM “MMTC” Yogyakarta, sebagai refferensi pembelajaran mahasiswa STMM “MMTC”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *